Menu Close

Cegah Penampungan Gas LPG 3Kg

Tribrata News Tanbu – Pangkalan Frendy dan Pangkalan BUMDes Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu, berlangsung Operasi Pasar tabung gas LPG 3 Kg yang disalurkan oleh PT Telaga Asri Jaya. Dalam kegiatan tersebut disaksikan oleh Hery Kurbiansyah (Camat Karang Bintang), dan Indra (Pengawas Lapangan PT Telaga Asri Jaya), pada  Jum’at (25/08/17).

Sumiyati (pemilik pangkalan Frendy) menjelaskan pangkalan miliknya diberikan sebanyak 280 tabung dari PT Telaga Asri Jaya untuk dijual kepada masyarakat Karang Bintang atau masyarakat sekitar pangkalan dengan harga jual Rp 18.000,- per tabung, lebih murah dari harga jual biasa di pangkalannya yang sebesar Rp 20.000,- per tabung.

Sejak sehari sebelumnya, operasi pasar sudah diumumkan oleh RT, RW maupun Kepala Desa, serta melalui Masjid-Masjid. Syarat untuk bisa membeli tabung gas pada operasi pasar adalah fotokopi Kartu Keluarga, pihaknya akan terus menjual stok dari operasi pasar hingga habis, walaupun bisa berlanjut hingga esok hari.

Biasanya di pangkalan kami mendapat kiriman  tabung gas 3 Kg sebanyak 4 kali sebulan dengan muatan 280 tabung, namun sejak bulan kemarin pangkalan kami hanya mendapatkan 3 kali pengiriman dalam sebulan, berkurangnya stok tabung kemungkinan hal yang menyebabkan harga jual di tingkat pengecer Kec Karang Bintang mencapai Rp 35.000,- per tabung.

Indra (Pengawas Lapangan PT Telaga Asri Jaya) menjelaskan operasi Pasar ini merupakan program dari PT Pertamina untuk mengantisipasi lonjakan harga menjelang Hari Raya Idul Adha, dan kemungkinan dilakukan serentak seluruh Indonesia.

Operasi Pasar ini dilakukan di 5 Kecamatan, dimana tiap kecamatan dilakukan oleh 2 pangkalan. Operasi ini dimulai di Kec Mantewe pada 23 Agustus 2017, lalu di Kec Kusan Hilir pada 24 Agustus 2017, lalu hari ini di Kec Sungai Loban, lalu di Kec Sungai Loban pada 26 Agustus 2017, dan di Kec Satui pada 28 Agustus 2017.

Lonjakan harga tabung gas 3 Kg kemungkinan diakibatkan oleh berkurangnya stok. PT Telaga Asri Jaya memang jatahnya dikurangi untuk diberikan kepada PT Rahmat Perkasa. Lalu berdasarkan informasi, keseluruhan stok tabung gas 3 Kg memang berkurang karena sebagian akan dialihkan ke tabung gas 5,5 Kg. Jadi nantinya tabung gas 3 Kg hanya bisa dibeli dengan menunjukkan kartu miskin. ‎

Kasat Intelkam Polres Tanah Bumbu AKP Yulianor Abdi, S.H. S.I.K. menjelaskan opersi pasar yang dilakukan guna menjaga kestabilan harga tabung LPG 3 kg serta unuk mengantisipasi adanya penampungan tabung Gas LPG 3 menjalang Idul Adha, selain itu penyalahgunaan tabung Gas LPG menjelang Idul Adha hampir setiap tahun terjadi baik di kota besar maupun Kab. Tanah Bumbu, demi mengantisipasi hal tersebut operasi penampungan tabung Gas akan dilakukan secara rutin bersama unsur terkait ucapnya.

Penulis : Ramdhani

Sumber : tribratanewstanbu.kalsel.polri.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *